Sunday, July 14, 2013

KUMPULAN MAKALAH AKUNTANSI PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM AKUTANSI



"MAKALAH AKUNTANSI PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM AKUTANSI"

BAB 1

Latar Belakang

Saya mengangkat tema ini karena pada saat ini banyak sekali program-program akutansi yang disediakan di dalam komputer. Pada saat ini tugas dari para akutan tidak terlalu sulit. Hal ini disebabkan sudah ada software-software yang mendukung kinerja mereka. Hal ini menyebabkan tugas mereka jadi sangat mudah. Sistem akuntansi berkembang seiring dengan pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan karyawan dan penggunaan teknologi.
Dengan munculnya komputer, semakin banyak data, pekembangan  perusahaan, pertumbuhan ekonomi, sumber daya manusia di dalam perusahaan dan penggunaan berbagai teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak data yang dapat diolah menjadi informasi baik yang bersifat finansial maupun non-finansial.
Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi. Namun banyak fakta menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kekacauan informasi yang disebabkan katidak mampuan mereka dalam menggunakan teknologi itu sendiru.
Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi, sehingga menghasilkan banyak informasi yang tidak berguna, dan tidak memenuhi prinsip akuntansi. Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu system sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan sebuah perusahaan.
Kekurangan atau dokumen-dokumen yang kurang berkualitas yang menyebabkan tidak berjalannya informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan, sebaliknya kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan kekacauan dalam pengolahan data sehingga memicu terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya kesalahan berantai.
Hal ini akan mengganggu kinerja sebuah perusahaan dalam pengolahan data dan dalam pembuatan laporan-laporan keuangan dan  akan selalu terjadi kekacauan jika pemahaman terhadap proses penggunaan program tersebut kurang.


Rumusan Masalah

Makalah ini dibuat dengan untuk dapat mengetahui pentingnya dan jenis-jenis software computer yang tersedia dalam akuntansi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dengan jenis industri yang berbeda–beda. Dan dengan adanya makalah ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pemilihan software  akuntansi yang sesuai dan tepat dengan yang diinginkan di kemudian hari.
Pada saat ini juga banyak pengguna software akutansi tidak mengetauhi bagaiman penggunaan software tersebut dan terjebak dalam lubang yang sama dan akhirnya dalam pelaporan akhir terjadi kekacauan. Hal ini di sebabkan kerena mereka selalu di bingungkan jika berhadapan dengan software yang benar-benar baru bagi mereka
Ada kalanya mereka tidak tahu software apa yang tepat digunakan perusahaan mereka. Kadang kala beberapa perusahaan juga terjebak oleh nama software buatan luar negeri padahal mereka belum tahu apakah software yang mereka gunakan cocok digunakan oleh perusahaan mereka.


Tujuan

            Tujuan saya membuat makalah ini karena pada saat ini sudah banyak software akutansi dan setiap perusahaan tidak selalu menggunakan software yang sama satu perusahaan dengan yang lain. Ada kalanya pengguna software akutansi tersebut tidak mengerti bagaimana penggunaan software tersebut karena kita berhadapan dengan software yang benar-benar baru buat pengguna software tersebut.
            Memberitahukan bagaimana penggunaan software yang benar dengan memberikan contoh software yang cocok digunakan untuk keperluan apa dan jenis perusahaan jenis apa yang cocok menggunakan software tersebut.
            Memberitahukan bahwa selamanya bahwa software buatan luar negeri selalu cocok dengan perusahaan yang berdomisili di indonesai karena perbedaan pemahaman mereka tentang aturan akutansi yang ada di Indonesia.


BAB 2

Pengertian Komputer Akuntansi

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan program yang diberikan kepadanya oleh pengguna komputer tersebut.
Akuntansi adalah suatu metode pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berguna dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses .
Komputer Akuntansi adalah, suatu seni dengan menggunakan alat bantu komputer untuk melakukan pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses.dan Salah satu fungsi organisasi yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang bertanggung jawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Dan agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yang dihasilkan sesuai dengan karakteristiknya, perlu suatu sistem yang komparatif dan integral dari keseluruhan proses bisnis yang ada.
Dengan menerapkan sistem komputerisasi akuntansi, maka akan mempercepat proses penyajian analisa dan laporan keuangan karena aplikasi komputerisasi akuntansi diciptakan untuk memudahkan proses transaksi-transaksi akuntansi kedalam sebuah laporan dan analisa laporan untuk mendukung hasil  pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keadaan keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi.
Menurut jenis kegiatannya akuntansi dapat diklasifikasi menjadi beberapa golongan yang saling berkaitan satu dengan lainnya :
  1. Akuntansi financial (financial accounting)
    • • Auntansi Biaya (cost Accounting)
    • • Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting)
    • • Akuntansi pajak (tax accounting)
    • • Pemeriksaan akuntansi (auditing)
  2. Akuntansi manajemen
    • • Akuntansi strategis (planning)
    • • Akuntansi pemerintahan dan lembaga
    • • System Akuntansi
    • • System distribusi
    • • System Inventory
    • • System Penjualan
    • • System Komputer akuntansi

 

Sistem Komputer Akuntansi


Sistem akuntansi berkembang seiring dengan pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan karyawan dan penggunaan teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak data yang dapat diproses menjadi informasi lebih baik yang bersifat finansial maupun non-finansial, Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi.
Namun banyak fakta menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kesemrawutan informasi. Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi oleh perusahaan itu sendiri maupun penggunaan software tersebut oleh karyawan perusahaan itu sendiri, sehingga menghasilkan banyak informasi yang tidak berguna bagi perusahaan, dan tidak memenuhi prinsip dasar akutansi akuntansi.
Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu sistem sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan perusahaan. Kekurangan atau dokumen dasar kurang berkualitas menyebabkan tidak berjalannya informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan menyebabkan terjadinya kesalahan berantai yang berturut-turut dari awal terjadi kesalahan hingga proses yang paling akhir., sebaliknya kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan keruwetan dalam pengolahan data sehingga memicu terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya kesalahan berantai yang berturut-turut dari awal terjadi kesalahan hingga proses yang paling akhir.
Dengan dokumen dasar yang berkualitas dapat dihasilkan berbagai bentuk informasi yang akurat. Perubahan yang dilakukan pada dokumen dasar akan menyebabkan perubahan pada prosedur pengolahan data. Walaupun pada dasarnya setiap perusahaan mengolah data dengan cara yang sama namun besar kecil perusahaan, jenis usaha dan teknologi yang digunakan serta pengaruh sumber daya lainnya menyebabkan system akuntansi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya berbeda.
Sistem yang disusun oleh suatu perusahaan belum tentu dapat diterapkan pada perusahaan lain sekalipun jenis usahanya sama karena dalam prakteknya sistem akuntansi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan jenis perusahaan tersebut yang bergerak di bidang apa. Pertumbuhan ekonomi juga memicu perkembangan bidang usaha semakin kompleks. Hal demikian mengharuskan akuntan untuk memperoleh keahlian yang tinggi dalam spesialisasi penggunaan software akutansi yang diterapkan dalam perusahaan


Kerangka Sistem Akuntansi


Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. Sistem informasi akuntansi bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing perusahaan. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga Sistem informasi akuntansi hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level atas tersebut.
Sistem Komputer akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dimana yang dibutuhkan bukan hanya financial melainkan juga operasional (non financial) dan yang membutuhkan informasi bukan hanya manajemen level atas melainkan semua level manajemen. System Akuntansi komputer mendukung manajemen terbuka, Namun masih banyak organisasi yang menerapkan manajemen tertutup.
Sistem akuntansi pokok terdiri dari berbagai klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal dan bukti transaksi. Masing-masing unsur tersebut saling terkait membentuk suatu prosedur pencatatan.
Berikut ini adalah hubungan masing-masing unsur dengan prosedur lainnya
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
1.      Penjualan-Penjualan Faktur penjualan Rekening Piutang, penjualan
2.      Penerimaan Kas Kas Bukti Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
3.      Pembelian Pembelian Faktur Pembelian Rekening Persediaan barang
4.      Pengeluaran Kas Kas Bukti Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
5.      Payroll Umum Daftar Gaji/ Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan dalam jurnal akan diposting ke rekening buku besar. Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang dipilih.Tugas pengolahan data yang dilakukan Sistem informasi akuntansi meliputi 4 tugas dasar sbb :
1.      Pengumpulan data yaitu setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Bila tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan disebut transaksi. Pelaku bisnis dan accounting umumnya hanya memperhatikan transaksi yang mempunyai nilai finansial.
2.      manipulasi Data yaitu data perlu dimanipulasi untuk dapat diubah menjadi informasi yang berguna. Operasi manipulasi data meliputi pengklasifikasian, Penyortiran, Perhitungan, dan pengikhtisaran.
3.      Penyimpanan data yaitu terdapat banyak transaksi pada setiap perusahaan. Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data. Data tersebut perlu disimpan di suatu tempat dan harus dapat ditemukan dengan mudah bila data tersebut dibutuhkan.
4.      Penyiapan Dokumen yaitu Sistem informasi akuntansi menghasilkan output untuk perorangan maupun organisasi di dalam maupun di luar perusahaan. Output tersebut dipicu dengan dua cara yaitu :Oleh suatu tindakan Output dihasilkan bila sesuatu terjadi seperti contoh di bawah ini :tagihan disiapkan pada saat terjadi pesanan.
Oleh Jadwal Output dihasilkan pada suatu saat tertentu.Umumnya output berupa dokumen, namun semakin banyak pemakai menggunakan visual (tampilan layar) untuk memperoleh informasi yang tepat waktu dan tepat guna, tanpa harus menunggu laporan rutin dari bagian akuntansi yang diterbitkan sesuai jadwal. akses informasi dapat dilakukan secara local maupun global dengan menggunakan fasilitas umum.
Berdasarkan uraian di atas dapat di katakan bahwa tanggung jawab mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data serta membuat laporan transaksi keuangan merupakan bagian dari tanggung jawab bagian akuntansi. Bagian lain seperti bagian penjualan, bagian pembelian, bagian keuangan adalah bagian operasional yang menyiapkan bukti-bukti transaksi, sedangkan bagian IT adalah bagian yang mensupport fasilitas pengolahan data mencakup sofware, hardware termasuk pemilihan tekhnologi serta memegang tanggung jawab terhadap keamanan sistem data.
Dan hasil dari semua proses di atas Laporan Keuangan merupakan proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian yakni;
1). Laporan laba-rugi
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.

Didalam menyusun laporan keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di dalam perusahaan, dimana transaksi itu akan dicatat kedalam jurnal umum, setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada buku besar kedalam neraca lajur, sehingga akan diperoleh laporan keuangan.

Dengan melihat dan memahami laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan itu akan dicari dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.
Akuntansi komputer adalah sistem akuntansi yang mengautomatisasi transaksi bisnis dengan menerapkan manajemen terbuka, sehingga informasi akuntansi dapat diperoleh langsung melalui terminal yang tersebar dilingkungan perusahaan. Dengan tersediaanya fasilitas ini memungkinkan manajemen mendapat informasi melalui media visual pada monitor yang tersedia diruangannya sendiri tanpa harus menunggu laporan rutin yang diterbitkan bagian akuntansi.
Pada akuntansi manual yang tanpa menggunakan software yang tersedia di dalam komputer, semua tanggungjawab pengolahan data dan pelaporan baik laporan keuangan maupun laporan operasional adalah tugas bagian akuntansi. Pada akuntansi komputer Laporan-laporan yang bersifat operasional dapat langsung diterbitkan oleh bagian terkait, sehingga tanggungjawab bagian akuntansi menjadi lebih ringan.



Software Akuntansi


Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi yaitu Prinsip dasar dan proses akunatnsi adalah pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan dan  penganalisaan yang sejatinya adalah pengolahan informasi dari transaksi menjadi laporan yang akan digunaan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan-laporan tersebut. Adapun hal–hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi adalah sebagai berikut :
 
1.       Identifikasi kebutuhan kita yaitu seberapa jauhkan kebutuhan kita terhadap software akutansi dan apakah hanya terbatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci. Tetapi apabila perusahaan masih dalam rancangan penyusunan sistem maka disarankan untuk menggunakan jasa teller made.
2.       Memperhatikan fiturnya yaitu mencocokkan kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan dan selain dari kemudahan kepraktisan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
3.       Perkembangan softwarenya yaitu software yang baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan jaman. Kemungkinan berkembangnya usaha kita akan berakibat pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti software di tengah jalan.
4.      After sales service policy yaitu kita akan menggunakan produk tersebut dalam  waktu yang lama sehingga after sales service policynya haruslah yang di support  dengan baik. Untuk tailor made biasanya turnover programnya cukup tinggi,  sehingga membutuhkan penyesuaian yang lama dari program yang baru. Dan  yang paling penting perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang  mungkin terjadi dalam panduan problem software guidance atau yang biasa di sebut dengan panduan penggunaan program yang diberikan oleh produsen.
5.      Budget dan referensi yaitu tentukan budget dari awal. Walaupun budget bukanlah merupakan satu–satunya pertimbangan lain yaitu after sales service, reliability dan perkembangannnya.

            Dalam penggunaanya Peranan Tehnologi Informasi yaitu Software Akuntansi, Software akutansi mampu mempermudah pembukuan karena seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan dibuat secara otomatis, sehingga pengoperasiannya cukup memerlukan orang yang mengerti teori akuntansi secara umum.

Aplikasi ini berfungsi untuk mendukung proses pencatatan pembukuan keuangan staff akunting. Software ini menghasilkan laporan keuangan seperti Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll.
Jenis laporan akuntansi yang dibuat:
  1. Daftar Perkiraan
  2. Jurnal Transaksi
  3. Buku Besar
  4. Buku Besar Pembantu
  5. Trial Balance
  6. Neraca Harian
  7. Neraca
  8. Laba/Rugi



Penggunaan Software Akuntansi


Sekarang ini banyak sekali contoh software yang di gunakan contohnya Myob Premier V.7.5 yang berorientasi pada penggunaan multi user, multi currency dan jaringan. Aplikasi ini diciptakan dengan user friendly denga system pencatatan real time, sehingga mudah menggunakannya dan data yang dihasilkan selalu ter up-date, maka analisa dan laporan keuangan dapat diperoleh dengan akurat, efektif dan efisien.
            MYOB Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika anda mengelola sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Software akan membantu anda dalam berbagai hal contohnya seperti:
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
Software ini sangat cocok untuk owner-operator, MYOB Accounting Software membantu anda dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB Accounting's powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).
Fungsi lain dari MYOB Accounting Software yaitu dapat melakukan analisis atas data bisnis anda dengan lebih dari 160 cara lebih mudah membuat keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat dan sangat detail seperti:
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
Fungsi dan kelebihan lain dari MYOB Accounting Software masih banyak yaitu seperti di bawah ini :
1.      Kelola Customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
2.      Membuat Customized Forms
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
3.      Pengelolaan Inventory yang menyeluruh
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
4.      MYOB Accounting Software juga memiliki fitur canggih dalam penetapan harga acuan dengan lima quantity break dan 6 level penetapan harga. Memungkinkan anda melakukan pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.
5.      Invoice pelanggan anda via email
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
6.      Company Data Auditor
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.

Kini memang banyak software atau perangkat lunak yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan dalam sistem akuntansi di perusahaan. Sebut saja program buatan luar negeri atau biasa di sebut program impor seperti DacEasy Accounting (DAC), Quickbook, MYOB, Peachtree, Valauplus dan Oracle, yang terkenal di luar negeri dan cukup populer juga di kalangan dalam negeri. Sementara untuk local content, misalnya, ada Dbs Solution, Accurate, Zahir Accounting, ACCS, MAS Accounting, dan masih banyak lagi tersingkirkan oleh program buatan luar negeri.
Namun masalahnya, apakah program-program itu, baik lokal maupun buatan luar negeri cukup sederhana dan berguna untuk bisnis di Indonesia? Apakah hal itu juga sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di dalam negeri sesuai dengan Standard Akutansi Keuangan? Kesulitan kita kalau menggunakan software dari luar itu tidak selalu sama dengan standar akuntansi di Amerika contohya.
Karena itu, pada saat mengembangkan software akutansi, standar akuntansinya harus sudah ada,” software yang paling baik adalah software akuntansi yang di develop sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tailor made. “Kita tidak bisa menggunakan software yang sudah jadi, karena biaya yang dikeluarkan juga berbeda.
Software akuntansi memang dirancang untuk memudahkan perusahaan dalam penghitungan keuangannya. Mulai dari biaya produksi, operasional, hingga biaya distribusi dan masih banyak biaya-biaya yang lain. Jika sebelumnya  dilakukan secara manual, perusahaan terlebih dahulu harus membuat jurnal, lalu  memosting ke buku besar, lalu membuat neraca saldo, dan akhirnya membuat jurnal penyesuaian, hingga menjadi laporan keuangan.
Kini dengan berkembangnya teknologi komputer dan semakin  kompleksnya transaksi-transaksi yang berhubungan dengan proses pencatatan dalam akuntansi, pencatatan secara manual sudah tidak memungkinkan lagi, sangat tidak efisien.Accurate, misalnya. Software yang diproduksi oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPS Soft) ini sudah mengintegrasikan modul-modul penting dalam akuntansi, seperti general ledger (GL), account receivable (AR), account payable (AP) dan inventory. Walau dirancang untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor usaha kecil dan menengah (UKM), Accurate memiliki beberapa fitur penting seperti kemampuan mencatat transaksi dalam berbagai mata uang mulai dalam negeri hingga asing (multi currency), multi tax, multi user, dan multi company, bahkan mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan.
Proses pencatatan  transaksi melalui Accurate hanya dilakukan sekali saja. Software ini yang akan memosting, menjurnal sendiri, sesuai dengan posting yang sudah dibuat. Jadi tools ini memudahkan pelaku bisnis untuk mengetahui kondisi perusahaan, situasi keuangan secara tepat dan akurat.
Piranti lunak yang pernah mendapatkan APICTA (Asia Pacific ICT Awards) ini mampu membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan secara otomatis. Dengan menggunakan software ini, tidak ada lagi laporan akhir bulan untuk membuat laporan aliran kas, faktur pajak dan lain-lain. Software ini akan sangat membantu. Tidak ada lagi lembur. Bahkan tidak perlu lagi penambahan orang untuk kegiatan akuntansinya. Semua laporan sudah otomatis,
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Pada prinsipnya, kalau perusahaan mau menerapkan Zahir Accounting, tidak perlu ada training atau pelatihan  karena bahasanya mudah dimengerti. Struktur programnya sederhana, dan transaksinya juga seperti mengisi nota-nota transaksi saja, Sementara Accurate, dengan kecepatan 32 bit dapat dioperasikan dengan berbagai sistem sistem operasi seperti Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan Windows 2000. Produk ini dilengkapi dengan tampilan grafis (graphic user interface) yang mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru pertama kali menggunakannya.
Jika dibandingkan dengan software buatan luar negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software asing. Accurate dan Zahir Accounting, misalnya, bisa mencatat pajak penjualan (PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia. Bahkan, Zahir Accounting boleh dikatakan satu-satunya software akuntansi yang menggunakan giro mundur. Transaksinya juga bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920.000.000.000.000 (sembalian ratus dua puluh triliun). Bandingkan dengan produk impor yang menggunakan dollar AS dalam transaksinya.
Hal ini pula yang menjadi acuan para programmer Accurate dan Zahir Accounting untuk menggunakan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Mungkin Accurate yang pertama menggunakan database klien server untuk aplikasi UKM. Biasanya database yang menggunakan klien server ini adalah aplikasi yang skala besar untuk kelas enterprise yang harganya sangat mahal.Solusi bisnis yang terintegrasi beberapa produk software akuntansi ini memang memiliki kelebihannya dan kekurangan masing-masing. Tidak hanya produk lokal, produk asing pun, kendati memerlukan biaya yang relatif besar, manfaat yang bisa di dapat perusahaan juga setimpal.
Lihat saja, misalnya, Oracle Software Accounting. Software ini tidak hanya menampilkan transaksi-transaksi bisnis untuk kemudian dilaporkan sebagai laporan keuangan. Namun, lebih dari itu. Oracle menyiapkan solusi bisnis yang terintegrasi untuk semua bisnis di perusahaan.
Soalnya, di perusahaan-perusahaan biasanya terdapat fungsi dasar, seperti keuangan dan akuntansi, pemasaran dan penjualan, produksi dan distribusi, general administration, dan human resource. Fungsi-fungsi tersebut, apapun perusahaannya, tentu saling terintegrasi. Misalnya, keuangan dan penjualan, human resource dan produksi.
Karena terintegrasi inilah kami menyebutnya suite. Namun, perkembangan dari software akuntansi ini, di dunia aplikasi, itu yang paling mature jika dibandingkan dengan sistem produksi, maintenance peralatan, dan sistem distribusi.
Yang membedakan dengan Oracle Software Accounting, kita tidak hanya mengakomodasi dari fungsi-fungsi perusahaan, tetapi ada lagi yang namanya fungsi treasure. Apa bedanya fungsi treasure ini dengan kas? Manajemen kas ini adalah salah satu fungsi dari treasure di perusahaan. sebagai karyawan, juga bagian dari fungsi treasure ,Untuk mengaplikasikan perangkat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1.      sesuai dengan visi perusahaan yaitu visi ini bersifat masa depan untuk kemudian dijabarkan strateginya sesuai dengan visi tersebut.
2.      harus ada pembenahan pada sistem.
3.      harus mendevelop atau mengembangakan sumber daya manusianya.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Terkait MAKALAH AKUNTANSI LENGKAP

0 komentar:

SKRIPSI LENGKAP

LABEL

HOPE YOU HAPPY

Terima kasih sudah berkunjung....Jika ada yang belum jelas, Silahkan hubungi saya di alamat E-mail : wiratrick@gmail.com

  © Blogger templates The Professional Template by Top Education, Skripsi Terbaru , Artikel Bahasa Inggris 2013

Back to TOP