Tuesday, February 12, 2013

SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG KECIL




BAB I

 PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan pembangunan disamping untuk meningkatkan pendapatan nasional sekaligus harus menjamin pembagian yang merata bagi seluruh rakyat. Hal ini bukan hanya dalam meningkatkan produksi saja tetapi juga untuk mencegah melebarnya jurang pemisah antara kaya dan miskin sehingga tercipta masyarakat yang adil dan makmur, sesuai dengan tujuan pembangunan di Indonesia.
Menurut Undang-undang No. 7/1992 menyebutkan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan menyalurkan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Untuk memperlancar operasinya, bank mendirikan cabang didaerah-daerah dengan tujuan memberikan pelayanan jasa bank kepada masyarakat terutama pada golongan ekonomi lemah. Dengan adanya pemberian kredit tersebut dapat menguntungkan semua pihak diantaranya pemerintah yaitu tercapainya salah satu tujuan pembangunan nasional dalam bentuk kesejahteraan umum. Bagi bank, dengan adanya cabang tersebut akan memperbesar dan memperluas pemberian kredit khususnya kepada pedagang kecil. Bagi masyarakat, dengan adanya cabang bank tersebut akan lebih mudah mendapatkan pelayanan kredit.
Penyaluran kembali dana yang diperoleh kepada masyarakat antara lain melalui BPR BKK yaitu Badan Kredit Kecamatan yang dibuka di tingkat kacamatan. Adapun pengertian BKK menurut PERDA propinsi Daerah Tingkat I Jawa Tengah No. 11 tahun 1981 pasal 3, yaitu BKK merupakan badan usaha daerah yang mempertanggungjawabkan pengelola dalam wilayah kabupaten atau kota masing-masing diserahkan kepada bupati/walikota.
Adapun prosedur permohonan kredit di BPR BKK adalah sederhana, dengan persyaratan-persyaratan yang ringan berupa suku bunga yang relatif kecil dibanding dengan suku bunga yang ada pada bank lain.
Pengawasan kredit BKK benar-benar bermanfaat, karena bukan semata-mata untuk mencari kesalahan atau menjatuhkan sanksi kepada debitur melainkan dititikberatkan pada pengarahan dan pembinaan, sehingga debitur dapat semakin maju dan berkembang serta meningkatkan perkembangan rentabilitas BPR BKK tersebut.
Dalam menjalankan operasionalnya PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati telah memanfaatkan potensi-potensi wilayah yang ada, dengan mengadakan pendekatan-pendekatan mengingat penyebaran penduduk di daerah Kedungjati yang tidak merata dan beraneka ragam latar belakang pekerjaannya sedangkan dalam penyaluran kreditnya PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati lebih banyak memberikan kredit kepada pedagang kecil yang kebanyakan berada di lokasi-lokasi pasar-pasar tradisional yang strategis.
Dari hasil penyebaran penduduk menurut pekerjaannya masih banyak peluang untuk memberikan kredit dalam rangka mengembangkan perekonomian khususnya di Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan dan meningkatkan pendapatan pedagang kecil.
Dari jumlah penduduk yang ada dengan mata pencahariannya yang berbeda – beda jika dibandingkan dengan penyaluran kredit yang diberikan oleh PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati masih sangat sedikit, jadi masih dimungkinkan penyaluran kredit bagi pedagang kecil di tambah expansinya baik nasabah maupun kredit yang diberikan.
Dengan melihat pentingnya kredit di tingkat kecamatan maka penulis ingin membahas perkreditan di tingkat kecamatan tersebut. Dan berdasarkan pertimbangan di atas penyusun memilih judul “ ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN  KREDIT TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG KECIL PD. BPR BKK PURWODADI CABANG KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN “.

B.  Perumusan Masalah
               Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka diajukan beberapa masalah dalam penelitian dan penulisan skripsi ini.
      1.   Seberapa besar pengaruh pemberian kredit pasaran ( X1 ) terhadap pendapatan pedagang kecil ( Y )?
      2.   Seberapa besar pengaruh pemberian kredit mingguan ( X2 ) terhadap pendapatan pedagang kecil ( Y ) ?
      3.   Seberapa besar pengaruh Pemberian kredit bulanan ( X3 ) terhadap pendapatan pedagang kecil ( Y ) ?
      4.   Seberapa besar pengaruh pemberian kredit pasaran. kredit mingguan dan kredit bulanan terhadap pendapatan pedagang kecil ?

C.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian
      1.   Tujuan
            a.   Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian kredit pasaran terhadap pendapatan pedagang kecil
            b.   Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian kredit mingguan terhadap pendapatan kecil
            c.   Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian kredit bulanan terhadap pendapatan pedagang kecil
            d.   Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian kredit pasaran, kredit mingguan dan kredit bulanan terhadap pendapatan pedagang kecil.
      2.   Kegunaan Penelitian
            a.   Bagi PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati
                  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati dalam meningkatkan pelayanan bagi para nasabah.
            b.   Bagi Pedagang Kecil
                  Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pedagang kecil dalam rangka meningkatkan pendapatan melalui pinjaman kredit.
            c.   Bagi Pemerintah
                  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam membimbing dan membina lebih lanjut perkembangan PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati setempat.
            d.   Bagi Pihak Lain
                  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan pertimbangan bagi peneliti lainnya di masa yang akan datang.

D.  Kerangka Pemikiran



NB : JIKA SOBAT INGIN VERSI LENGKPNYA. SILAHKNA REQUEST DIKOLOM KOMENTAR................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Terkait SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG KECIL

12 komentar:

Lisnawati April 17, 2013 at 2:02 AM  

saya berminat pak tolong dikirim ke emengempus02@gmail.com
terimakasih

nasrulmuhammad May 15, 2013 at 9:47 PM  

Saya berminat pak.
Mohon bisa dikirim ke godsavenasrul@gmail.com

Terimakasih

Anonymous,  May 20, 2013 at 8:07 PM  

mohon urgent buat hari ini di box.hummer@yahoo.co.id

yes manroe May 25, 2013 at 3:53 AM  

saya berminat pak
tolong kirim ke yessmanurung@gmail.com

Terimakasih

Anonymous,  May 25, 2013 at 4:03 AM  

saya berminat
tolong kirim ke trinetiapriliyah@yahoo.co.id

trim.

Anonymous,  July 4, 2013 at 10:57 PM  

tolong kirimkan skripsi lengkap nya ke email saya ya :)
rizkapratiwi29@yahoo.com
terimakkasih

Den Denny August 28, 2013 at 2:33 AM  

pak saya berminat tolong di krm ya
bwt refrensi
den_denfer@yahoo.com
makasih pak :)

muhammad syafri September 29, 2013 at 5:45 AM  

pak saya berminat, tolong dikirim yaa,,,
muhammadsyafriansyah92@yahoo.co.id
terimakasih,,

ahmadi yunhy October 23, 2013 at 9:06 PM  

mohon bantuannya skripsi ekonomi akuntansi analisis pengaruh pemberian kredit terhadap pendapatan pedagang kecil

Moh Taufik October 24, 2013 at 7:43 PM  

salam pak,

pak tolong saya dibantu untuk skripsinya,saat ini saya lagi bantu adik saya untuk menyusun skripsi terkait pemberian kredit oleh BPR,klw bisa kirim di sini mohtaufik1986@gmail.com

Anonymous,  November 24, 2013 at 11:52 PM  

saya sangat berminat.. tolong kirimkan ke miqbalrifqi@outlook.co.id
terima kasih :)

Wira Hadi November 25, 2013 at 10:37 PM  

@Anonym >> sy sudah mencoba mengirim ke alamat e-mail yang anda berikan. namun selalu gagal.. mohon untuk memberikan e-mail yg lain. kaalu bisa e-mail GMAIL...

SKRIPSI LENGKAP

LABEL

HOPE YOU HAPPY

Terima kasih sudah berkunjung....Jika ada yang belum jelas, Silahkan hubungi saya di alamat E-mail : wiratrick@gmail.com

Get this widget!

  © Blogger templates The Professional Template by Top Education, Skripsi Terbaru , Artikel Bahasa Inggris 2013

Back to TOP